Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Sinyal Antena Parabola di Satelit Telkom 4

Cara Mencari Sinyal Antena Parabola di Satelit Telkom 4

TVplwcom -
Berikut ini adalah cara untuk mencari sinyal antena parabola di satelit telkom 4 bagi pemula :

Yang pertama kamu harus sediakan dulu antena parabola berukuran 6 feet. Entah itu antena parabola jaring atau antena parabola solid.

Yang kedua sediakan LNB CBand, Kabel antena Parabola, konektor penghubung, dan Receiver Parabola.

Yang ketiga sediakan alat tracking, entah kamu memakai satfinder, memakai alat pengukur sinyal seperti skybox, atau juga mengeluarkan Receiver Parabola beserta perangkat TV. Intinya sesuaikan dengan apa yang kamu punya.

Yang keempat masuk proses pencarian sinyal atau dalam bahasa para teknisi parabola adalah proses tracking. Mula-mula masukkan LNB C-Band pada ujung atas antena parabola lalu ukur kedalaman LNB C-Band di ukuran kedalaman 38 atau 40. Lalu arah jarum 0 pada LNB C-Band mengarah pada bagian timur atau bagian barat.

Setelah itu masukkan kabel ke LNB C-Band lalu hubungkan ke alat tracking yang kamu punya. Kemudian input nomor frekuensi terkuat satelit telkom 4 yaitu 4078 H 32677, 3765 H 21817 atau 3718 H 32726. Lalu gerakkan antena parabola secara perlahan ke arah titik koordinat satelit telkom 4 108.0 °E Bujur Timur.

Seperti terlihat pada gambar posisi antena parabola nampak agak miring sedikit ke Arah barat untuk wilayah sulawesi bagian tengah.

Cara Mencari Sinyal Antena Parabola di Satelit Telkom 4


Guna lebih memaksimalkan lagi kualitas penerimaan sinyal pada satelit telkom 4 coba main turunkan kedalaman LNB C-Band dari 34, 36, 38, 40, dan 42 lalu juga coba gerakkan ke kiri atau ke kanan antena parabola sambil memantau kualitas sinyal.

Cara Mencari Sinyal Antena Parabola di Satelit Telkom 4


Nah, begitulah caranya untuk mencari sinyal antena parabola di satelit telkom 4 bagi pemula yang ingin belajar dalam memasang antena parabola. 



catatan : bagi yang mencari sinyal antena parabola menggunakan receiver parabola di sarankan memilih receiver parabola mpeg2 karena lebih peka dalam menangkap sinyal.