Satelit SATRIA-1 Resmi Meluncur, Ratakan Frekuensi Internet di Indonesia

Daftar Isi
Frekuensi Satelit SATRIA-1

Satelit SATRIA-1 Resmi Meluncur, Ratakan Frekuensi Internet di Indonesia -
Satelit SATRIA-1 milik Indonesia resmi meluncur keluar angkasa pada pukul 05:21 WIB (19/06/2023) atau pada hari Minggu pukul 18.21 (18/06/2023) waktu bagian Florida, Amerika Serikat dan lokasi peluncuran bertempat di Kennedy Space Center, Cape Canaveral, Florida, dengan menggunakan roket angkut Falcon 9 milik SpaceX.

Satelit SATRIA-1 akan menempati posisi orbit 146°BT di atas pulau Papua pada bulan November 2023 mendatang dan tujuan dari diluncurkannya satelit ini yaitu sebagai pemerataan jangkauan jaringan frekuensi internet pada wilayah kawasan daerah tertinggal di kepulauan Indonesia.

Kabalitbang SDM kementerian Kominfo Hary Budiarto mengatakan bahwa dengan diluncurkannya satelit SATRIA-1 pada hari ini, akan mengingatkan kembali sejarah Indonesia yang dulu pernah meluncurkan satelit Palapa.

"Dulu kita pernah meluncurkan satelit Palapa waktu itu saya juga masih SD seperti adik-adik yang ada di sini melihat peluncuran Satelit. Kalau satelit Palapa diluncurkan dengan tujuan bisa mempersatukan bangsa Indonesia dari Aceh sampai Papua," Kata Kabalitbang SDM kementerian Kominfo Hary Budiarto di saat acara nonton bareng siaran langsung peluncuran satelit SATRIA-1 yang berlokasi di Skyworld TMII Jakarta Timur.

Perlu untuk diketahui bahwa satelit SATRIA-1 adalah merupakan satelit multifungsi pertama milik pemerintah negara Indonesia dengan kapasitas terbesar se-Asia.


sumber: kominfo